Tujuan Sekolah

Mengingat visi merupakan tujuan jangka panjang maka tujuan yang akan dicapai selama empat tahun mendatang adalah :

1) Standar SKL
a) Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta nilai-nilai Pancasila berkarakter dan budaya Indonesia;
b) Pembelajaran dan keterampilan abad 21 (dua puluh satu), seperti berfikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah, kreatif, mampu bekerja sama, dan berkomunikasi;
c) Memiliki sikap mental yang kuat untuk mengembangkan dirinya secara berkelanjutan;
d) Meningkakan kompetensi lulusan melalui literasi bahasa, matematika, sains, teknologi, sosial, budaya, dan kemampuan dasar lainnya yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan masa depan (secara kualitatif maupun secara kuantitatif).
e) Menyiapkan sumber daya manusia agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai tenaga terampil tingkat menengah bidang keahlian kemaritiman;
f) Memiliki sertifikat lulusan berkualifikasi nasional Indonesia (SKKNI) dan standar kerja yang berlaku baik nasional maupun internasional sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimiliki.

2) Standar isi
a) Tersedianya perangkat kurikulum sesuai Standar Nasional
b) Terwujud kurikulum yang diselaraskan dengan dunia usaha dunia industri berbasis Teaching Factory (Te-Fa), literasi, berkarakter, dan peduli lingkungan.;
c) Terwujud pengembangan silabus untuk semua mata pelajaran yang selaras dengan Industri;
d) Terwujud pengembangan RPP yang inovatif dan kolaboratif untuk semua mapel

3) Standar Proses
Terlaksananya proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, variatif dan kontekstual :
a) Terlaksana proses pembelajaran bermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter, dan peduli lingkungan;
b) Terwujud proses pembelajaran dengan media yang inovatif;
c) Terwujud layanan bimbingan dan konseling secara optimal;
d) Terwujud pemahaman prinsip dasar internet/intranet siswa dan menggunakannya untuk memperoleh informasi dan menyajikan informasi dengan memperhatikan etika dan undang-undang yang berlaku;

4) Standar Pendidik dan tenaga kependidikan
a) Terwujud pendidik dan tenaga kependidikan yang professional sesuai kebutuhan;
b) Terwujud kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan optimal;
c) Terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan yang kratif, inovatif, dan berprestasi.

5) Standar sarana prasarana
a) Terwujud ruang belajar, ruang terbuka hijau, dan fasilitas pembelajaran sesuai rombel dan standar sarana dan prasarana pendidikan;
b) Terpeliharanya sarana dan prasana pendidikan dengan baik .

6) Standar pengelolaan
a) Terpenuhi standar pengelolaan/manajemen yang transparan, akuntabel, dan berkesinambungan;
b) Terpenuhi standar manajemen berakreditasi nasional.
c) Terciptanya peningkatan mutu kelembagaan dan manajemen pendidikan akuntabilitas dan transparatif melalui jaringan informatika

7) Standar pembiayaan
a) Terwujud peningkatan sumber dana;
b) Terlaksana penggunaan dana yang efektif, proporsional dan transparan;
c) Terwujud pelaporan penggunaan dana yang akuntable.

8) Standar penilaian
a) Terlaksana penilaian autentik secara berkesinambungan;
b) Terlaksana penilaian berbasis IT;
c) Terlaksana program perbaikan dan pengayaan secara optimal.

9) Standar budaya dan lingkungan sekolah
a) Terwujud lingkungan belajar yang kondusif;
b) Terwujudnya nilai–nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari;
c) Terwujud budaya membaca bagi warga sekolah;
d) Terwujudnya budaya cinta lingkung.